Sunday, April 26, 2009

Tips untuk Menghindari Penggandaan Sertipikat

1. Simpanlah sertipikat anda di tempat yang aman. Simpanlah di lemari yang terkunci, atau dapat di simpan di brankas, atau di safe deposit box bank yang terpercaya.
2. Jangan pernah menyerahkan / meminjamkan sertipikat anda kepada orang lain apapun alasannya. Terkadang saudara atau teman dekat anda bermaksud meminjam sertipikat milik anda untuk suatu keperluan. Jangan sungkan untuk mengatakan tidak.
3. Untuk pengecekan sertipikat ke BPN dapat anda lakukan sendiri atau melalui notaris anda. Tanyakan berapa lama proses pengecekan, biasanya 3 hari hingga 1 minggu. Ingat, setiap penyerahan sertipikat untuk pengecekan harus disertai tanda terima penyerahan yang ditandatangani oleh penerima. Pastikan tanggal, tanda tangan dan nama lengkap penerima tertulis dengan jelas. Simpan baik-baik tanda terima tersebut jangan sampai hilang.
4. Bila anda menyerahkan sertipikat asli kepada notaris, pastikan anda memberi paraf dengan pensil pada setiap halaman sertipikat. Dan tunjukkan bahwa sertipikat anda terdapat paraf anda di dalamnya. Hal ini sering menjadi sengketa antara pemilik dengan notaris, manakala sertipikat yang diserahkan ternyata ditolak, dinyatakan palsu atau ganda oleh kantor BPN. Dengan adanya paraf anda di dalamnya, anda akan yakin mana sertipikat yang benar-benar milik anda
5. Bila anda diminta oleh copy / salinan sertipikat oleh broker / makelar / agen real estate, cukup anda berikan foto copy ukuran dan luasan obyek properti tersebut. Bila anda diminta dan bersedia memberi salinan / copy sertipikat secara lengkap, pastikan beri tanda silang besar atau tulisan “copy”pada setiap halaman. Hal ini untuk mencegah pemalsuan atau penggandaan sertipikat.

Saran saya, lebih safe bila cukup copy ukuran dan luasan tanah serta sampul depan sertipikat saja yang anda berikan kepada broker anda.

Ok, demikian dulu tips dari saya. Semoga pengalaman saya dapat bermanfaat bagi anda yang bermaksud melakukan transaksi properti.

0 comments:

Post a Comment