Sunday, April 26, 2009

Rumah Gaya Minimalis, Trend Rumah Tinggal Saat Ini

Rumah Mewah seperti apa yang anda tinggali saat ini ?
Rumah idaman seperti apa yang anda impikan untuk ditinggali bersama anak dan istri tercinta ?
Dalam arsitektur, ada beberapa macam gaya / model bangunan yang silih berganti sesuai dengan jamannya. Ada gaya klasik, neo klasik, modern, klasik modern, post modern, dekonstruksi, dan yang terbaru adalah gaya minimalis.

Jenis properti rumah bergaya minimalis sebetulnya berasal dari negara Jepang. Orang-orang Jepang adalah orang-orang hidupnya serba praktis, cepat, efisien dan “sederhana”. Dengan pola hidup yang seperti itu maka dapat kita jumpai dalam rumah-rumah tinggal warga Jepang, interior yang ada sangat minim dengan perhiasan dinding, perabot, aksesoris dan lainnya. Semua yang ada bersifat fungsional, dan ada hanya memang jika diperlukan. Bandingkan dengan bagian dalam rumah tinggal di amerika atau Eropa. Banyak sekali hiasan dinding, perabot dan aksesoris yang memenuhi ruangan.
Dengan bentuk bangunan yang minimalis, sebuah rumah tinggal tampak indah, apalagi dengan aksen warna tertentu yang ditambahkan sebagai vocal point. Hampir semua rumah yang baru dibangun, mengambil gaya minimalis atau modern minimalis. Para Arsitek kebanjiran order disain gaya minmalis. Developer property baik yang menengah atau premium, berlomba-lomba meluncurkan produknya dengan gaya seperti ini. Pasarpun merespon dengan baik, terlihat dari penjualan rumah-rumah bertipe ini yang laris manis. Akibatnya, pasar rumah seken / sekunder yang bergaya lama mengalami tekanan.
Model rumah semacam inilah yang kini menjamur di Indonesia. Saya melihat orang Indonesia bukanlah orang-orang yang praktis, cepat dan efisien seperti orang Jepang. Namun lebih mirip dengan orang-orang Eropa dan Amerika yang banyak memiliki barang dan perabotan di sana sini. Anda akan menjumpai interior rumah-rumah di Indonesia yang berbeda dengan ekteriornya. Luarnya minimalis, dalamnya klasik (He..he..he…). Gaya Rumah minimalis seharusnya berupa satu kesatuan, antara eksterior (bagian luar) bangunan dengan interior (bagian dalam) bangunan.
Jadi apakah trend property ini berdasarkan kebutuhan pasar atau ataukah karena pasar yang menentukan trend?

0 comments:

Post a Comment