Sunday, April 26, 2009

Tips Agar Rumah Mewah Anda Laku Terjual

Bagaimana agar rumah anda laku terjual ? Seringkali para penjual properti premium mengabaikan hal-hal yang seharusnya dilakukan sebelum mulai memasarkan propertinya. Padahal bila kita mau meluangkan waktu dan sedikit biaya, kita dapat menjual properti premium kita lebih cepat dengan harga terbaik. Properti premium, khususnya rumah mewah, menghendaki perlakuan khusus bila akan dipasarkan. Dengan tips di bawah ini anda dapat memikat pembeli, untuk segera menyerahkan down payment (DP) kepada anda.

1. Berikan kesan pertama yang positif
Kesan pertama seorang calon pembeli pada rumah yang dijual sangat berpengaruh terhadap laku tidaknya rumah anda. Ada pembeli yang tertarik pada kesan pertama, setelah mengetahui spesifikasi dan harga, langsung melakukan penawaran, bahkan sebelum dia masuk menginspeksi ke dalam rumah tesebut.
Seperti apa kesan pertama? Cobalah anda selaku pemilik rumah, berkendaralah dalam mobil dengan perlahan. Dari kejauhan, sambil mobil berjalan, amati rumah anda. Kesan apa yang ditimbulkan seandainya anda berada pada posisi sebagai seseorang yang bermaksud tinggal di daerah tersebut. Apakah rumah anda nampak menarik? Apakah rumah anda terkesan tidak dihuni bertahun-tahun? Perhatikan warna cat tembok, cat pagar, tempat sampah, dan rumput yang ada di depan maupun halaman. Apakah selokan mampat, dan ada sampah yang mengganggu dan berbau?
Anda selaku pemilik rumah mewah pasti tahu apa yang sebaiknya segera dilakukan. Bersihkan bagian depan rumah, agar menimbulkan kesan yang positif.

2. Taman yang terawat
Masuk ke halaman. Pembeli akan melihat taman di halaman rumah mewah anda. Taman yang terawat, rumput yang hijau dan terpangkas rapi, tanaman dan bunga yang menarik akan membuat suasana bersahabat dan nyaman. Pastikan anda selalu merawat taman anda. Bila ada pohon, pangkas dahan-dahannya sehingga nampak rapi. Ganti tanaman yang mati, dengan yang baru. Singkirkan anggrek anda yang nampak kurang sehat dan tidak berbunga. Tempatkan pot bunga yang tidak mengganggu sirkulasi orang. Bila ada kolam ikan, pastikan kolamnya bersih dan masih ada ikan di dalamnya. Untuk kolam renang, pastikan tidak airnya jernih dan tidak ada dedaunan yang mengambang.

3. Warna rumah yang lux dan menarik
Saai ini banyak tersedia cat – cat ekserior maupun interior dengan warna-warna yang menarik. Bila warna cat tembok anda kusam dan memerlukan cat ulang, segeralah dicat agar menarik. Berikan warna yang lembut atau sesuai dengan gaya dan model rumah anda. Konsultasikan warna yang akan dipilih dengan arsitek atau disain interior anda.

4. Kebersihan
Lantai granit dan marmer yang bersih mengkilap akan menimbulkan kesan bahwa rumah mewah anda benar-benar lux. Periksa juga apakah ada sarang laba-laba di langit-langit. Cuci tirai agar tidak ada debu yang menempel. Bersihkan kaca dan AC. Singkirkan barang-barang yang mengganggu agar ruang terlihat lebih luas dan lapang.


5. Perbaiki kerusakan-kerusakan kecil
Bagi orang kaya yang bermaksud membeli rumah premium, cenderung detail terhadap hal-hal yang kecil. Pastikan kran air, kloset, engsel pintu berfungsi dengan baik. Bila ada kebocoran di talang, perbaiki dan cat ulang plafon anda.

6. Gudang dan garasi.
Hal ini yang sering luput dari perhatian penjual rumah mewah. Pastikan barang-barang yang ada dalam gudang dan garasi tersusun dengan rapi. Bila calon pembeli melihat gudang yang penuh sesak dengan tumpukan barang, akan menimbulkan suasana psikologis yang tidak nyaman. Singkirkan atau rapikan barang yang ada di garasi,sehingga nampak lebih lapang.

7. Pets (hewan peiharaan)
Bila anda memiliki hewan peliharaan berupa anjing atau kucing, pastikan berada dalam pengawasan anda. Jangan sampai hewan tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga rumah lux anda tidak lagi berkesan.

8. Tunjukkan benefit atau manfaat dari rumah mewah anda, bukan feature.
Anda harus menunjukkan benefitnya, sehingga pembeli mengetahui manfaat membeli rumah tersebut dari anda.

9. Berikan harga yang menarik dan sesuai harga pasar.
Pembeli yang kaya tidak bodoh, mereka pasti akan membandingkan dengan properti premium sejenis yang ada di pasar. Ingat, pembeli memiliki banyak pilihan lokasi, dan itu tidak selalu berada di area anda

10. Pasarkan rumah mewah anda
Anda dapat memasarkan rumah mewah anda melalui agen properti yang profesional yang sudah berpengalaman menangani jual beli properti premium.
Jika anda bermaksud memasarkan sendiri, manfaatkanlah internet sebagai media pemasaran anda. Anda dapat memasang iklan di adwords google, atau di situs / blog yang mengenai jual beli sewa investasi properti premium.

Demikian tips saya agar properti anda (Rumah mewah) dapat laku terjual. Semoga rumah anda dapat terjual dengan harga yang terbaik.


0 comments:

Post a Comment