Sunday, April 26, 2009

Saat yang Tepat Berinvestasi di Bidang Properti

Kapankah saat yang tepat untuk terjun berinvestasi ke bidang properti? Sekarang adalah saat yang tepat. Mengapa? Di saat dunia perekonomian terimbas dengan krisis global, indeks harga saham gabungan (IHSG) terjun bebas dan suku bunga bank yang tinggi, saat ini banyak properti dijual dengan harga yang murah. Ya. Saat ini orang dan juga bank banyak yang membutuhkan likuiditas, sehingga bersedia melepas propertinya dengan harga di bawah nilai yang sebenarnya.
Krisis ekonomi yang melanda Amerika dan beberapa negara Eropa tidak akan berpengaruh besar pada Indonesia. Sebab fundamental ekonomi kita berbeda dengan mereka. Di Indonesia jumlah PMA tergolong kecil dibandingkan negara-negara lain, sehingga efeknya tidak akan berlangsung lama.
Anda ingat krisis moneter yang menimpa Indonesia tahun 1998 ? Saat itu semua orang membutuhkan uang. Banyak aset dijual jauh di bawah nilai yang sebenarnya. Investor yang cerdas dan jeli dapat menangkap kesempatan tersebut. Selang dua tahun kemudian ekonomi sudah pulih dan pasar property kembali booming. Para investor properti mendapatkan keuntungan yang luar biasa atas kenaikan harga properti.
Saat ini, walaupun suku bunga bank masih cukup tinggi namun prospek berinvestasi di properti terbuka lebar. Saya perkirakan pada akhir tahun IHSG akan rebound, trend ke depan bullish dan suku bunga akhir kembali normal. Dengan suku bunga yang floating rate, maka tahun depan suku bunga akan turun. Perekonomian kita akan membaik, daya beli meningkat, saat itulah anda akan memiliki properti dengan harga yang tinggi jauh dari harga pembelian.
Di antara sekian banyak properti yang ditawarkan ada beberapa properti yang dijual sangat murah. Anda harus jeli melihat pasar. Supply and demand tidak berimbang, sehingga pembeli memiliki posisi tawar yang lebih tinggi.
Jadi tunggu apalagi?

0 comments:

Post a Comment