Sunday, April 26, 2009

Investasi Properti, Membeli Tanah Kavling atau Rumah Baru? (2)

Dalam posting saya sebelumnya, saya sudah membahas mengenai berinvestasi property pada tanah kavling. Sesuai janji saya, (karena janji adalah hutang, he… he….he..) kali ini saya akan membahas mengenai investasi properti pada rumah baru.
Sama seperti sebelumnya, sebelum berinvestasi anda harus mempunyai kerangka dan tujuan yang jelas. Bila anda bermaksud berinvestasi jangka panjang, maka saya menyarankan anda membeli rumah. Yang saya maksud di sini adalah rumah baru, karena rumah sekond atau seken ada pembahasan tersendiri.

Pembelian rumah baru pun kini dimudahkan dengan cara pembayaran in house. Dp 0 %, dan pembayaran dapat dipilih 3 sampai 5 tahun dengan bunga 0 %. Mengapa angsurannya berjangka panjang ? Sebagian developer menjual dengan cicilan jangka panjang, karena status tanahnya masih belum dipecah (displitzing) atau surat tanahnya belum disertifikatkan. Kondisi tersebut menyebabkan bank enggan memberi KPR.

Pada saat rumah baru anda selesai dibangun, anda dapat menyewakan rumah anda. Hasil sewa tersebut dapat anda gunakan untuk mencicil angsuran anda. Pada saat angsuran anda selesai, maka cluster / blok yang dibangun sudah mulai hidup dan nyaman untuk ditempati. Tetangga di kanan kiri sudah banyak yang menghuni rumahnya. Pada saat ini, pembeli yang datang adalah pembeli yang benar-benar ingin menghuni atau disebut end user. Nilai properti dan harga jual rumah anda akan tinggi, jauh di atas harga pembelian.

Anda dapat melihat trend propertinya, bila anda melihat trendnya naik, demand tinggi, anda harus dapat memutuskan apakah akan menahan atau melempar rumah anda ke pasar. Juallah rumah anda bila target investasi anda sudah tercapai, dan anda mendapatkan tawaran yang bagus atas rumah anda. Atau jadikan properti tersebut sebagai aset anda, yang menghasilkan pemasukan dari penyewa rumah.

Oh, ya. Untuk pembelian properti berupa tanah kavling atau rumah baru secara angsuran jangka panjang harus dilakukan dengan bijaksana.
Untuk lebih jelasnya, Baca posting saya yang berjudul “Tips Membeli Property Secara Angsuran pada Developer.”

0 comments:

Post a Comment